Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

Jumat, 12 Februari 2016

Cara mudah mengganti template blog jadi keren

Share
Dulu saya terkagum-kagum dengan tampilan blog-blog keren yang saya lihat. Namun, sayang bingung bagaimana caranya membuat tempate blog yang keren itu. Saya pikir hanya seorang programer sajalah yang dapat membuatnya.

Seiring kemajuan zaman, kemudahan blogging kian terasa dan membuat tampilan blog yang keren itu kini mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk blogger pemula seperti saya. Memang tampilan blog yang keren dapat menarik minat pembaca untuk berlama-lama berada di blog kita. Nah langsung saja yuk kita praktikan caranya.

Pertama, kita kunjungi situs www.btemplates.com seperti gambar di bawah ini.


Situs ini menyediakan beragam template yang siap untuk didownload secara gratis dan dipasang di blog kamu. Sebenarnya masih ada situs penyedia template gratis lainnya, tapi saya baru mencoba menggunakan situs ini.

Kita bisa memilih template berdasarkan category yang ada di kanan layar seperti category layout, column atau responsive. Responsive artinya tampilan template blog kita akan secara otomatis menyesuaikan diri menurut device yang kita gunakan untuk membuka blog kita.

Kedua, jika kita telah menetapkan template pilihan, kemudian klik menu download yang ada di bawah template yang dipilih seperti gambar di bawah ini.


Setelah download selesai, klik file zipnya dan lalu extract. Cara extractnya dengan mengklik kanan file tadi dan pilih extract to specified folder, maka file yang diextract akan disimpan di folder sesuai dengan nama template yang didowonload.

Tujuan dari extract adalah agar kita bisa mengambil file xml yang dibawa dalam file download. File xml inilah yang kita butuhkan nantinya.

Ketiga, kembali ke tampilan dashboard blog dan klik menu template yang terdapat di sebelah kiri layar seperti gambar di bawah ini





Lalu klik menu 'cadangkan/pulihkan' pada sudut kanan atas layar. Lalu akan muncul layar berikut




Keempat adalah klik menu 'unduh template lengkap'. Menu ini agar kamu bisa menyimpan format dari template yang sedang kamu pakai. Dan jikan sewaktu-waktu kamu ingin menggunakan format template itu lagi, kamu tinggal mengunggahnya tanpa harus mengedit lagi.

Kelima, kamu bisa klik menu browse dari cari file extract kamu tadi. Kemudian pilih file xml seperti gambar di bawah ini




Keenam, setelah menu xml dipilih, kamu tinggal klik menu unggah dan tunggu sampai proses pengunggahan selesai.

Ketujuh, silahkan nikmati tampilan template baru blog kamu. Gampangkan. Cukup dengan 7 langkah sederhana.

catatan:

Untuk merapihkan atau menyesuaikan dengan selera atau kebutuhan kamu, template yang baru saja terpasang dapat kamu modifikasi dengan masuk ke menu tata letak yang terdapat di kiri layar dashboard. Namun, menggunakan template download ini ada keterbatasannya, yaitu kita tidak bisa mengubah warna, jenis font dan lebar template. Kecuali kalau kita bisa baca kode html, kita bisa mengeditnya. Tapi kalau kita kita ngerti yan jadinya yang bisa kita lakukan adalah mencari template yang benar-benar cocok dengan selera atau kebutuhan bloggin kita.

Kalau kamu bosan dengan template yang ada sekarang, kamu dapat menggantinya dengan mengulangi langkah-langkah di atas. Semoga tulisan ini bermanfaat.






0 komentar:

Posting Komentar