Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

Minggu, 14 Februari 2016

Sepuluh Renungan dari negeri Tiongkok

Share

Pada sebuah perayaan imlek 2016 di sekolah, salah seorang rekan saya yang bernama Tony Kwee mengisi acara dengan beberapa orang muridnya. Di atas panggung ia dan murid-muridnya membacakan 10 renungan dari negeri Tiongkok yang didapatnya dari hasil browsing. Menarik sekali pernyataan itu bagi saya pribadi untuk direnungkan. Saya ingin memperpanjang renungan ini kepada pembaca lain melalui postingan saya kali ini. Yuk kita lihat 10 pernyataan tersebut.

1. Fu mu pu xiao; feng shen wu yi - bila tidak berbakti pada orang tua, percuma menyembah TUHAN

2. Xiong di pu he; jiao you wu yi - bila dengan saudara sendiri tidak akur, percuma menjalin persahabatan dengan orang lain

3. Cun xin pu shan; feng shui wu yi - bila hati penuh pikiran jahat, percuma saja mengatur Feng Shui

4. Xing zhi pu duan; du shu wu yi - bila tindak tanduknya tanpa tata krama suka menyakiti orang lain, percuma sekolah tinggi-tinggi

5. Xing kao qi ao; bo xue wu yi - bila bersifat angkuh, percuma saja menjadi seorang pemimpin yang katanya terpelajar

6. Zuo shi guai zhang; chong ming wu yi - bila seenaknya sendiri dalam melakukan segala sesuatu, kepintaran pun percuma karena tak menjadikan bijak

7. Shi yun pu tong; wang qiu wu yi - bila belum tiba saatnya diberi Tuhan, berkolusi dengan manusia penentu sekalipun juga percuma

8. Pu xi yuan qi, fu yao wu yi - bila tidak mau menghargai kesehatan, minum obat pun akan percuma

9. Wang qu ren cai; bu shi wu yi - sembarangan mengambil harta dan hak orang lain, percuma saja berderma

10. Yin e si yu; yin zhi wu yi - bila suka mengumbar hawa nafsu, percuma saja berbuat kebajikan

Nah itulah kesepuluh pernyataan bijak dari negeri Tiongkok yang bisa dijadikan renungan dan diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Semoga tulisan ini bermanfaat dan terima kasih saya kepada rekan saya pak Tony yang telah menemukan pernyataan tersebut dan membagikannya kepada saya.

0 komentar:

Posting Komentar